Wisata Buatan Taman Literasi Kota Bontang

Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) akan menghadirkan fasilitas umum yang nyaman untuk tempat belajar secara outdoor. Lokasinya tepat di belakang gedung Perpustakaan Daerah (Pusda) Bontang, Jalan HM Ardans.

Taman ekspresi seluas sekira 20×10 Meter tersebut akan disulap menjadi taman literasi yang representatif dengan kapasitas sekira 100 hingga 200 Orang.

“Desainnya sudah siap. Rencana kami launching bersamaan dengan digelarnya event Bontang Membaca Menulis dan Berolahraga yang akan menghadirkan sekira 500 pustakawan pada akhir Agustus ini,” kata Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti, melalui Kabid Perpustakaan, Alfrita, Selasa (9/8).

Menariknya, pembangunan Taman Literasi ini tidak akan menyedot APBD Bontang. DPK menggandeng pihak swasta dalam hal ini PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) untuk support anggaran.

Sebab berupa pembangunan fisik. Nantinya, peluncuran akan digelar secara simbolis dengan menampilkan desain Taman Literasi di baliho yang akan di launching oleh Wali Kota Basri Rase bersama pihak perusahaan.

Kata dia, dengan kehadiran taman baca ini diharapkan dapat menjadi tempat yang nyaman, dengan konsepnya ruang terbuka dilengkapi wifi gratis.

Taman Literasi merupakan wujud upaya agar pengunjung perpustakaan dapat bersantai sambil membaca, dengan begitu dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

taman literasi

Lapak Baca Bontang perdana tampil di hadapan publik akhir 2018. Di awal kehadirannya, mereka hanya menggelar lapak dari satu kedai ke kedai kopi lain. Mengambil ruang di sudut kedai, sembari menghampar bacaan. Membiarkan pengunjung datang, melihat, membaca atau meminjam buku. Pun tak ada jadwal rutin buat ngelapak. Mengingat kata itu, personel mereka terbatas, tiga orang. Sementara ketiganya pun disibukkan dengan pekerjaan masing-masing.

Melalui Lapak Baca, para penggemar buku di Bontang bisa saling bertukar atau mendiskusikan bahan bacaan. Publik bisa pinjam koleksi Lapak Baca. Atau biasanya, meminjam juga dari sesama mereka yang terhubung ke Lapak Baca. Atau bahkan menghibahkan bukunya. Jaringan-jaringan inilah yang menjadi nafas Lapak Baca Bontang. Komunitas literasi yang digawangi anak muda Kota Taman. Dengan semangat sukarela, dan bercita-cita terus menyebarkan semangat literasi. Kendati berbasis di Bontang, mereka berharap semangat ini tak terbatas ruang.

Tempatnya sedikit jauh dari pemukiman warga jadi enak jika dipake untuk family gathering atau untuk acara seru-seruan bareng temen-temen, tempatnya udah bagus, yang perlu dilengkapi lagi cuma fasilitas hiburan didalamnya. Fyi harga sewa tempat per bulan (2/19) 450-600 rbuan untuk satu hari nya

Bookmarksgrove right at the coast

Cek Disini

Cek Harga Tiket

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Cek Paket Wisata

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Cek Akomodasi

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Cek Transportasi

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Frequently Asked Question

  • Wisata Sejarah dan Budaya

    Napak Tilas tempat dan aktivitas yang asli menggambarkan sejarah serta adat Budaya dari orang- orang di masa lalu

  • Wisata Bahari

    Wisata bahari atau wisata maritim / wisata tirta yaitu wisata alam di wilayah pesisir dan laut termasuk wisata pantai, wisata bentang Laut, dan wisata bawah Laut.

  • Wisata Alam

    Keindahan alam di kawasan Mangrove, suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam.

  • Wisata Buatan

    Meliputi fasilitas rekreasi dan hiburan atau taman bertema, fasilitas peristirahatan terpadu, serta fasilitas rekreasi dan olahraga.

  • Akomodasi Wisata

    Sarana untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan yang dapat dilengkapi dengan pelayanan makan dan minum serta jasa lainnya.

  • Atraksi Wisata

    sesuatu yang menjadi daya tarik dan dapat membuat wisatawan terkesan yang berupa rasa puas, nyaman, dan rasa nikmat setelah melihat atau melaksanakannya

  • Komposisi pariwisata

    objek wisata, akomodasi, serta sarana dan prasarana.

  • Sarana dan Prasarana

    Sarana adalah alat utama yang digunakan, sedangkan prasarana adalah penunjangnya dari sarana

  • Event Pariwisata

    Sesuatu kegiatan yang dikelola dengan professional dan telah banyak dilakukan di mana wisatawan menjadi target konsumen potensial untuk kegiatan yang akan diselenggarakan

  • Special Events

    Acara peresmian. Peresmian gedung/fasilitas baru, kantor cabang, dll atau acara peringatan tertentu

  • Travel Agent

    Memberi jasa bantuan atau berkomunikasi dengan klien menentukan paket wisata yang akan dipilih

  • Kalender Event

    Program Agenda kegiatan rencana pelaksanaan wisata untuk mempromosikan destinasi pariwisata melalui events